Rabu, 16 Desember 2009

Linux


Linux merupakan implementasi independen darPOSIX dengan spesifikasi sistem operasi Sistem V dan BSD ekstensi jadi LINUX juga merupakan sistem operasi (operating system) komputer yang bertipe UNIX. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya,jadi, kode sumber linux itu dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.

Linux itu pertama kali dikembangkan untuk PC berbasis 386/486/Pentium, tetapi saat ini juga berjalan pada DEC Alphas, Minggu Sparcs, mesin M68000 (seperti Atari dan Amiga), MIPS dan PowerPC.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas Linux seluruhnya telah ditulis dari awal, jadi Linux tidak memiliki hak milik kode di dalamnya. Linux juga tersedia dalam kedua sumber dan bentuk objek, dan linux harus dibagi secara bebas di bawah GNU General Public License.

Dan nama “Linux” itu sendiri berasal dari nama kernelnya, yaitu Linux, kernel Linux telah ditulis oleh Linus Torvalds tahun 1991 dari Departmen Ilmu Komputer, Universitas Helsinki, Finlandia dengan bantuan dari loosely merajut tim relawan di seluruh Net. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari GNU operating system, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.


Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

Linux punya banyak distro, nama distronya tuh ada ubuntu, SuSE, Fedora, Mandriva, Slackware, Debian, PCLinuxOS, Knoppix dan Xandros.

Pokoknya Linux punya kelebihan yang banyak, karena Linux nggak kalah bagusnya dengan Windows.

0 komentar:

Posting Komentar