Selasa, 01 Mei 2012

Melakukan Translasi IP ke nama computer menggunakan java


Java menyediakan objek InetAddress yang memanfaatkan layanan sistem operasi dan jaringan untuk melakukan translasi nama dan IP komputer. Program dibawah ini memperlihatkan bagaimana menggunakan objek InetAddress untuk melakukan translasi IP ke nama komputer.
Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas cara untuk mendapatkan HOSTNAME pada local computer menggunakan coding java dengan cara mentranlasi dari IP address. Tahap pertama yaitu membuat aplikasi di jcreator atau edit plus atau aplikasi lainnya dan tuliskan coding di bawah ini :

import java.net.*;
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: Java IPtoName ");
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
  System.out.println("invalid IP - malformed ip");
  System.exit(0);
}
  System. out.println(address.getHostName());
}
}

Ketika selesai menulis coding kemudian save dimana saja dan pada kali ini saya akan mengesave di D:\tugas progjar\D1-3 dan dengan nama IPtoName.java setelah selesai semua kemudian disimpan, kemudian buka cmd (command prompt) pada menu Start > Accessories > Command Prompt atau langsung ketikkan cmd pada menu Run untuk mengkompile dan menjalankan program tersebut. Pada cmd, ketikkan D: [enter] cd tugas progjar [enter] cd D1-3 [enter]
maka root direktori akan berubah menjadi " D:\tugas progjar\D1-3" kemudian kita compile dengan cara dari command pormpt itu dengan cara ketik javac nama_file sedangakan unutk menjalankan java nama_file dan tampilannya seperti ini :


Pada output bisa kita lihat jika kita salah mengcompile atau hanya memanggil nama file java saja maka akan di jelaskan bahwa mengcompile file ini dengan menambahkan IP address contohnya seperti ini java IPtoName 10.150.80.40 dan hasil akan keluar nama computer yaitu vyan-PC.


0 komentar:

Posting Komentar