Selasa, 08 Mei 2012

LINUX MULTIMEDIA STUDIO VS FRUITY LOOP


Dalam era milenium ini, dunia akan terlihat semakin kecil dan simpel bagi mereka yang sudah mengenal komputer. Komputer sudah menjadi bagian penting dalam segala aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer juga sarana yang penting dalam bidang musik. Misalnya saja, satu grup musik harus memilki uang puluhan juta rupiah untuk proses rekaman lagu. Uang puluhan juta itu digunakan untuk membeli media rekam seperti mixer, aksesoris, effect, sound, dan alat pelengkap lain. Selain itu, mereka juga membutuhkan ruangan kedap suara dengan biaya yang tidak sedikit.
Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang musisi dalam sebuah band untuk memangkas biaya dalam band adalah dengan memangkas biaya produksi lagu, dalam artian rekaman (teknisi rekaman dan peralatan) dilakukan sendiri. Salah satu elemen penentu dari produksi lagu adalah tergantung pada software multimedia yang digunakan dalam produksi.
Ada banyak software multimedia music sequencing and notation, ada yang gratis dan berbayar, ada yang khusus dipergunakan untuk mengolah suara dari satu jenis alat musik, ada pula yang umum untuk membuat musik secara keseluruhan. Misalnya, Linux Multimedia Studio, Nuendo, Cakewalk, Cubase, Fruity Loops, Adobe Audition.
Berikut adalah perbandingan dua contoh dari software multimedia music sequencing and notation.
1.     LINUX MULTIMEDIA STUDIO
Spesifikasi software :
-          Software cross platform, tersedia bukan hanya pada Linux tersedia pula versi Windows, dan MacOS.
-          Freeware, software ini tersedia cuma-cuma.
-          Synthesizing sounds, arranging samples, dan memaikan suatu keyboard MIDI dari menggabungkan fitur dari trackers, sequencers and synthesizers. Supports LADSPA and VST plugins.
-          User friendly, software ini relatif mudah  untuk digunakan bagi pengguna awam namun memiliki fungsi yang lengkap.
System Requirements :
-          Processor Minimal 1 GHz dan RAM 512 Mb (jika ingin menggunakan VST-plugins disarankan menggunakan processor ganda.
-          Sound card Sound Blaster audigy 16 bit, Midi port.
Tampilan LMMS :


2.     FRUITY LOOP
Spesifikasi software :
-          Single platform, software ini hanya tersedia untuk sistem operasi windows.
-          Software berbayar, tertera nomor registrasi yang didaptakan dengan pembayaran lisensi.
-          Synthesizing sounds, arranging samples, dan memaikan suatu keyboard MIDI dari menggabungkan fitur dari trackers, sequencers and synthesizers. Supports LADSPA and VST plugins.
-          Kurang user friendly, software ini ditujukan bagi pengguna dengan level menengah.
System Requirements :
-          Processor Minimal 2 GHz dan RAM 1 GB (jika ingin menggunakan VST-plugins disarankan menggunakan processor ganda).
-          Sound card Sound Blaster audigy 32 bit, Midi port.
-          Asio driver untuk rekaman suara.
Tampilan Fruity Loop :


0 komentar:

Posting Komentar